Langsung ke konten utama

LAPORAN FISIKA INTERFERENSI PADA SELAPUT TIPIS



LAPORAN FISIKA
INTERFERENSI PADA SELAPUT TIPIS

KELOMPOK 4 :
FADIL ARYA SAMSATAMA           (11)
FIRMAN NOR HAKIM                      (12)
IHDA ZAHROTUL JANNAH            (15)
NUR HIDAYATI FITRIANA             (23)
XII-MIPA 1

SMA NEGERI 1 PURBALINGGA
TAHUN AJARAN 2016/2017



A. Tujuan Percobaan
 Untuk mengamati pola interferensi pada selaput tipis.
B. Landasan Teori
     Dalam kehidupan sehari-hari, kita melihat gelembung air sabun akan terlihat berwarna, warni. Begitu juga genangan minyak tanah diatas permukaan air, akan terlihat sama berwarna warni.             
Apa yang terjadi dengan peristiwa itu?
Kesan melihat gelembung air sabun berwarna-warni disebabkan terjadinya  interferensi yaitu perpaduan dua gelombang cahaya a yang jatuh pada selaput tipis, seperti selaput air sabun.
Sinar datang (AB) jatuh pada selaput tipis dengan tebal lapaisan (d), oleh selaput akan dibiaskan sinar (BC)  dan dua sinar dipantulkan yaitu sinar (BD) dan EF, kedua sinar s1 dan s2 akan berinterferensi di retina mata, sehingga kita bisa melihat gelembung sabun berwarna warni, seperti pada gambar berikut :
https://tienkartina.files.wordpress.com/2010/08/interferensi-121.jpg
Jika cahaya yang dijatuhkan pada selaput tipis cahaya monokhromatik, maka pada gelembung sabun tidak akan terlihat warna pelangi, melainkan warna terang dan gelap.
Rumus untuk menghasilkan pola terang/interferensi maksimum sebagai berikut :

https://tienkartina.files.wordpress.com/2010/08/interferensi-26.jpg
Keterangan :
n = Indek bias lapisan tipis                          d  = tebal lapisan
r   = sudut bias                                              m  = orde terang ke 1,2,3…dst
Sedangkan, Rumus untuk menghasilkan pola terang/interferensi minimum sebagai berikut :

2 n d cos r = m 𝛌

Keterangan :
n = Indek bias lapisan tipis                          d  = tebal lapisan
r   = sudut bias                                              m  = orde gelap ke 0,1,2,3…dst

C.  Alat dan Bahan
·       Shampo Zink
·       Shampo Lifebuoy
·       Deterjen Rinso Cair
·       Deterjen Rinso Bubuk
·       Deterjen Soklin Cair
·       Deterjen Soklin Bubuk
·       Minyak Goreng
·       Minyak Tanah
·       Gelas Plastik
·       Air
·       Sedotan / Penggelembung
·       Stopwatch
·       Alat Tulis

D. Data Pengamatan

         Dari percobaan yang kami lakukan, didapatkan hasil waktu meletusnya tiap gelembung dari larutan yang berbeda yaitu sebagai berikut :
Shampo Zink
16 detik
Shampo Lifebuoy
11 detik
Deterjen Rinso Cair
28 detik
Deterjen Rinso Bubuk
19 detik
Deterjen Soklin Cair
23 detik
Deterjen Soklin Bubuk
18 detik


E. PEMBAHASAN
         Pada percobaan ini, dihasilkan gelembung yang memiliki pola interferensi yang jelas. Pola interferensi tersebut hanya terlihat jelas Nampak seperti pelangi jika terdapat cahaya yang cukup memadai disekitar cahaya tersebut.
           Pada gelembung yang sudah ditiup dihitung lama meletusnya untuk mengukur kekentalan tiap konsentrasi larutan yang takarannya sama dengan merk yang berbeda. Hal ini mempengaruhi tebal selaput tipis yang menghasilkan intrferensi. Semakin kental konsentrasimya maka akan semakin lama meletusnya. Berarti dalam percobaan ini didapatkan larutan dengan konsentrasi yang paling kental adalah deterjen rindo cair yang memiliki waktu meletus 28 detik, lalu deterjen soklin cair yaitu 23 detik dan deterjen rinso bubuk dengan waktu meletus 19 detik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Pembuatan Karya Kerajinan Benda Keras dari Bambu Materi Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 11 Kurikulum 2013

PROPOSAL PEMBUATAN KARYA KERAJINAN BAHAN KERAS (Prakarya dan Kewirausahaan) Disusun oleh : 1. Hana Rizka Bachtiar           (14) 2. Ihda Zahrotul Jannah           (16) 3. Muhammad Faaiq A.           (21) 4. Nur Hidayati Fitriana          (24) XI MIPA 8 SMA NEGERI 1 PURBALINGGA JL. Letjend MT. Haryono Purbalingga – Jawa Tengah 2016 KATA PENGANTAR             Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah   memberikan segala rahmat, taufiq dan hidayahnya sehingga dapat menyelesaikan proposal karya kerajinan bahan keras. Proposal karya kerajinan bahan keras ini disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Semester II. Karya kerajinan bahan keras ini selesai dengan baik dengan dukungan, partisipasi serta bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1.     Bapak Drs. Kustomo selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Purbalingga. 2.     Ibu Nu

LAPORAN PROJEK DAN EVALUASI WIRAUSAHA PRODUK KERAJINAN DARI LIMBAH PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

LAPORAN PROJEK DAN EVALUASI WIRAUSAHA PRODUK KERAJINAN DARI LIMBAH PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII MIPA 1 KELOMPOK 1 ANGGOTA : 1. ALYAA RIFQOH PUTRI YOSYANA    (01) 2. ANGGITA ADZAN DZUHRI                 (03) 3. HUSNARIA RISKA ADZILLA              (14)          4. NAUFAL HANIF ZULFIKAR                (22)      5. NUR HIDAYATI FITRIANA                  (23) SMA NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN 2016 KATA PENGANTAR Puji syukur Penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat menyelesaikan laporan projek yang berudul Laporan Projek Prakarya dan Kewirausahaan sebagai salah satu tugas mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas XII Tahun Pelajaran 2016/2017.             Penulis sadar bahwa tanpa bantuan dari semua pihak, proposal ini tidak dapat terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, pada kesempatan ini Penulis akan menyampaikan terima kasih kepada : 1.     Bapa

AGEMAN ADAT SURAKARTA

  AGEMAN ADAT SURAKARTA             Wonten ing Keraton Surakarta Hadiningrat, ageman kakung kasebat pangagemen kejawen Surakarta utawi jawa jangkep. Pambedane inggih menika wonten ing kagunaane kalih kebutuhane. Enten 2 jenise inggih menika kangge sanes padintenan ngangge warna ireng lan kangge padintenan ngangge werni selintune ireng. Kangge tiyang kakung utawi jaler, wonten paperangan kang katah jenise kang kedah diipun agem manut aturan ingkang wonten ing keraton, inggih menika : ·        Panutup Sirah (destar / pengikat blankon) kalih kuluk      Raja ngantos bupati ngangge kuncung kalih mondholan cekok. Kangge pangkat sing teng nginggile boten ngangge kuncung lan ngangge   mondhoalne jenis jabehan. Kuluk kabesaren namung kangge orang tartamtu ing acara khusus kerajaan. ·        Ageman Krowok       Inggih menika ageman tartamtu utawi khusus ingkang wonten bolongane teng wingking kangge wadah keris. Rasukan krowok enten 5 jenise, inggih menika : 1.      Atelah, kan